Mengenal Halving Bitcoin dan Hubungannya dengan Road to 100 Core Network

Halving Bitcoin adalah peristiwa yang terjadi kira-kira setiap empat tahun dan mengurangi setengah jumlah Bitcoin baru yang dilepaskan ke peredaran (circulation supply). Peristiwa ini sudah diprogram ke dalam protokol Bitcoin dan dirancang untuk memperlambat laju pembuatan Bitcoin baru, serta untuk mengendalikan inflasi. 

Halving terbaru terjadi pada 11 Mei 2020, dan mengurangi hadiah blok (block reward) dari 12,5 BTC menjadi 6,25 BTC. Artinya, para penambang kini menerima setengah jumlah Bitcoin untuk setiap blok yang berhasil mereka tambang.




Halving berikutnya diperkirakan terjadi pada tahun 2024 dan selanjutnya akan mengurangi hadiah blok menjadi 3.125 BTC.

Hubungan Mutualisme 

Road to 100 (#Roadto100) artinya perjalanan Core dalam mencapai target 100% hash power BTC didelegasikan ke Core network.

Apakah ada hubungan nya dengan halving btc? Sebenarnya secara tidak langsung ada. Adanya halving BTC menyebabkan kemampuan untuk mining BTC baru akan semakin sulit walaupun para miner punya sumber daya dan hash power yg besar. Nah faktor minim nya BTC baru yg bisa ditambang ini akan menjadi faktor pendorong bagi para miner BTC untuk berbondong-bondong mendelegasikan hash power BTC yg mereka punya ke Core network. 

Delegasi hash power BTC ke Core Network akan mendapatkan reward token Core tanpa mengurangi BTC yang muner akan dapatkan. Di sisi Core Network, delegasi hash power BTC akan memberikan keaman dan desentralisasi pada jaringan yang tinggi. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.